Aries punya fasilitas BPJS dari kantor, si bayi yang waktu itu baru lahir pun bisa langsung dibuatkan kartu. Keren, ya.

Nah, saya mau ganti kaca mata, rencananya, sih, mau coba pakai BPJS. Namun sebelum itu, saya mau coba dulu untuk berobat biasa.

Sudah 3 mingguan saya gatal-gatal. Biduran, istilah kerennya. Aneh, karena saya hampir tidak pernah mengalaminya. Seumur-umur saya hanya alergi sama udang yang udah gak segar dan cacing laut. Keduanya menimbulkan efek yang sama: mata saya tiba-tiba bengkak, tanpa gatal-gatal di kulit.

Saya sama sekali bingung soal penyebabnya. Kalau makanan, jenis apa? Saya sempat terpikir telur, karena selama 6 bulan menyusui eksklusif, saya pantang telur. Kalau lengah, pipi Mochi pasti langsung bruntusan. Setelah Mochi mulai makan, saya juga menyambut kembali telur ke dalam diet saya. Nah kalau begini kan pusing ya, baru juga ketemu lagi lauk andalan, eh mesti pantang lagi. Tapi tak mengapa, demi kesehatan, ya gak. Hm, sebenarnya demi kenyamanan, sih, soalnya GATEL BIANGET, BOK. Belum kalo saya ngaca, duh, miris bener lihat kulit badan ancur merah-merah, bahkan ada yang mengelupas kayak bekas cacar.

Pantang telur tidak memberikan hasil yang menggembirakan. Pantang apa lagi nih? Dairy? Coret. Seafood? Coret. Sambel? Coret lagi. Udara dingin? Panas juga gatel-gatel. Saya coba minum Cetirizine, yang ada teler 2 hari. Duh, ga enak banget deh, badan dan pikiran kayak melayang-layang selama 2 hari :((

Akhirnya saya memutuskan untuk memanfaatkan kartu BPJS. Faskes 1 yang tercantum di kartu adalah Puskesmas Tanjung Duren Selatan, yang deket banget sama rumah.  Continue reading “BPJS Newbie”

Advertisements